31 Mei 2009

Audio Game

Hai teman2, mungkin bagi kalian bermain game bukan suatu hal yang aneh. Akan tetapi akan menjadi sebuah pertanyaan jika yang bermain game adalah seorang tunanetra. "Tunanetra, mana mungkin" mungkin adalah 1 diantara pertanyaan tersebut. Akan tetapi pertanyaan itu sekarang telah dapat terjawab dengan hadirnya game khusus untuk tunanetra.

Game tersebut biasa dikenal dengan audio game. Audio game, apakah yang dimaksud? Audio game adalah sebuah game yang berbasis audio dengan segala petunjuk yang ditampilkan oleh suara baik dengan bantuan screen reader atau dari game itu sendiri. Dengan cara seperti itu maka seorang tunanetra dapat secara mandiri memainkan sebuah game tanpa bantuan orang awas (sebutan untuk orang normal).

Akan tetapi kelemahan dari audio game ini yaitu game tersebut hanya berbasis audio, sehingga orang awas tidak dapat melihat apa yang dimainkan oleh seorang tunanetra (seolah-olah tunanetra bermain dengan dunia hayalan). Kalau ditanya apa saja jenis permainannya maka jawabannya adalah sangat beragam, dari permainan klasik seperti soliter sampai permainan RPG. Lalu dimana kita dapat mendapatkan game tersebut?

Untuk mendapatkan audio game tersebut kalian dapat mengunjungi sebuah website yang menjadi data base game tersebut disini. Silahkan memilih dan melihat deskripsi dari masing-masing game tersebut, bahkan untuk game tertentu disediakan cheatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar